Kalau kita perhatikan, banyak sekali pemilik blog yang paranoid
sekali dengan link, dengan memberikan link maksudnya. Bahkan kalau
jelas-jelas ingin memberikan referensi, sering mereka hanya memberikan
alamat URL tanpa link, sehingga untuk mengakses kita harus meng-copy URL
tersebut kemudian mem-paste pada address box browser.
Bisa jadi ini akibat dari pemahaman yang – menurut saya – terlalu
berlebihan pada saat PageRank sedang beken-bekennya. Kita yang sudah
menjadi praktisi SEO pada jaman itu tentu masih ingat bahwa link keluar
merupakan faktor pengurang PageRank. Mungkin kita lupa, Google sendiri
isinya outbound link semua. Mungkin kita lupa, nilai sebuah website atau
sebuah halaman web adalah pada manfaatnya bagi pengunjung.
Pemilik blog banyak yang juga lupa pada hakikat blog itu sendiri,
yaitu wahana untuk berbagi pengetahuan, pemikiran, pengalaman, dan
aspek-aspek lain dari kehidupan kita, melalui dunia maya. Saking
“ogah”-nya memberikan link bahkan ada pemilik blog yang sengaja menulis
bahwa blog miliknya tidak akan memberikan link kecuali dengan
kesepakatan khusus. Banyak juga blog yang sengaja di set link-nya
NO-FOLLOW.
Percayalah bahwa beramal dengan memberikan link tidak akan merugikan
anda. Oom Google sebagai “penguasa dunia maya” akan memberikan pahala
yang berlipat-lipat. Tentu kalau “sedekah link” itu kita berikan dengan
bijaksana.
Anda belum percaya? Beberapa penjelasan berikut mungkin akan dapat
membantu membuka mata hati anda untuk “beramal di jalan Google”.
1. Saat kita memberikan link ke sumber informasi yang
bermanfaat, pembaca blog anda akan memandang blog anda sebagai sumber
informasi yang bermanfaat pula.
Ketika anda dengan terbuka membagi informasi, anda akan dianggap
sebagai jendela bagi para pembaca blog anda menuju sumber informasi yang
lebih bermanfaat lagi. Anda akan dipandang sebagai pakar, sebagai
pemimpin, pada bidang yang menjadi topik tulisan anda. Mengapa? Karena
pembaca blog anda akan menganggap anda mengetahui berbagai sumber
informasi yang relevan.
Memang benar bahwa dengan memberikan link anda akan megirimkan
pengunjung blog anda ke website atau blog orang lain. Dan jika informasi
yang mereka dapat pada blog lain tersebut ternyata kebih berkualitas,
lebih relevan, lebih menarik, mereka mungkin justru akan menghabiskan
waktu lebih lama disana. Tapi ingat, jika mereka merasakan manfaat dari
“jalan” yang anda berikan, mereka tidak akan “melupakan amal baik” anda.
Pada akhirnya anda akan mendapatkan banyak pengunjung setia. Dalam
bahasa SEO kita kenal sebagai traffic berkualitas. Anda tentu bisa
menebak apa yang terjadi kemudian. Jika pembaca menganggap blog anda
bermanfaat, demikian juga search engine.
2. Tulisan kita akan lebih meyakinkan jika didukung referensi yang berkualitas.
Kecuali jika anda seorang professor di Harvard Business School dan
mengelola sebuah blog tentang bisnis, tulisan-tulisan anda tidak akan
cukup baik dan cukup meyakinkan tanpa didukung sumber-sumber tulisan
yang valid. Bisa berupa hasil survey lembaga terkemuka, hasil penelitian
universitas terkemuka, hasil riset pakar berpengalaman, pendapat
praktisi terkenal, dan sebagainya.
Pembaca belum tentu percaya jika anda menyadur sumber-sumber tersebut
menjadi bagian dari tulisan anda. Akan jauh lebih meyakinkan jika anda
langsung memberikan link menuju sumber-sumber tersebut. Anda juga akan
dipandang lebih terpercaya karena kejujuran anda. Harus kita sadari
bahwa kenyataanya hampir tidak ada hal yang 100% benar-benar merupakan
gagasan dari pikiran kita yang cemerlang. Hampir semua gagasan terpicu
oleh hal-hal lain.
3. PageRank kita justru akan meningkat dengan memberikan link
ke website-website atau tulisan-tulisan yang bernilai, walaupun kita
tidak mendapatkan link-back.
Dengan menunjukkan pada search engine bahwa kita tidak pelit dengan
link, kita tidak berkeberatan mengarahkan pengunjung pada sumber-sumber
informasi yang relevan dan berkualitas, website atau tulisan kita juga
akan dianggap lebih bernilai karena dapat membantu pengunjung menemukan
sumber-sumber informasi yang relevan dan berkualitas.
Sering search engine tidak bisa memberikan hasil pencarian yang
sesuai dengan keinginan pencari karena berbagai keterbatasan. Dengan
memberikan link menuju sumber-sumber yang relevan dan berkualitas, anda
membantu pengunjung yang datang ke website anda melalui search engine
untuk menemukan apa yang sesungguhnya mereka cari tetapi tidak dapat
secara langsung diberikan oleh search engine.
4. Anda dipandang sebagai orang yang baik, dan orang senang berbagi dan bekerja sama dengan orang yang mereka anggap baik.
Apa yang anda amalkan akan kembali kepada anda sebagai pahala. Jika
kita tidak pelit memberikan link, kemungkinan besar orang lain juga
tidak akan pelit memberikan link kepada anda.
No related posts.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar